Friday, July 23, 2010

Share Internet Hemat, Murah, dan Cepat - Bisa Buat Battlenet

Sejenak sharing info...


Sebelumnya aku sempet bingung harus membeli modem GSM atau CDMA...
karena mungkin ada kelebihan dan kekurangan dari tiap2 sistem satelit diatas..
seperti kebiasaanku, sebelum membeli produk yang berkaitan dengan teknologi seperti komputer aku searching hal-hal yang ingin aku beli dengan membandingkan masing2 harga, kelebihan dan kekurangan, dan tentu saja kualitas..
terima kasih buwat mbah google dan kaskus.us serta media laen yang ga sempet aku save masukin blog ini, dan tak juga temen2ku yang telah memberikan saran dan nasehat tentang modem..


Ni perbedaan masing sistem


Modem GSM
Teknolgi yang digunakan adalah 3G/UMTS/HSDPA. Modem GSM menawarkan kecepatan dari 3.6 Mbps sampai 7.2 Mbps. Kecepatan tergantung pada kualitas sinyal, bila kita berada di daerah perkotaan maka kita bisa memperoleh kecepatan yang maksimum. Keuntungan modem GSM providernya bisa diganti sesuai keinginan kita, jadi kita lebih fleksibel dalam memilih provider. Serta sinyal GSM mudah dibawa kemana-mana, misalnya keluar daerah. Untuk daerah terpencil GSM lebih menjangkau daripada CDMA yang terkadang tidak ada sinyal. Untuk harga Modem GSM lebi murah daripada Modem CDMA. Tetapi banyak yang mengeluhkan lebih mahalnya harga layanan internet dari pada provider CDMA yang menawarkan paket lebih murah. Untuk kesetabilan dalam berkoneksi internet, keduanya hamper sama, hanya saja kecepatan internet akan menurun pada jam-jam sibuk  yaitu jam 12.00 sampai 10.00 malam.


Modem CDMA
CDMA menggunakan teknologi WCDMA(Wideband CDMA). Seperti teknologi CDMA biasanya, teknologi ini menggunakan spectrum pita lebar untuk transmisi data dan memanfaatkan kode sebagai pembeda masing-masing link komunikasi. komunikasi jenis ini memerlukan energi yang besar dan karenanya divais lebih cepat panas akibat konsumsi energi yang tinggi. Perangkat sudah dirancang sedemikian rupa sehingga panas yang ditimbulkan tidak akan merusak perangkat. Namun ada baiknya Anda membatasi penggunaan modem/datacard sesuai petunjuk penggunaannya (hanya untuk penggunaan di rumah atau kantor).
Untuk harga Modem CDMA sendiri memang lebih maha sedikit daripada Modem GSM. Tetapi harga layanan yang diberikan oleh provider lebih murah. Missal provider SMART menawarkan paket hanya dengan Rp 45.000,- kita bias beinternetan ria unlimited selama satu bulan. Kekurangan modem CDMA terletak pada jangkauan area. CDMA hanya terdapat di daerah kota-kota besat saja, sedangkan GSM sudah bisa menjangkau ke pelosok-pelosok daerah. Dan untuk kesetabilan koneksi internet, sama seperti GSM kecepatan akan berkurang pada jam-jam sibuk.



yah akhirnya kuputuskan untuk membeli modem Venus VT-18 (CDMA dan EVDO Rev. A). dan aku membandingkan harga di web dengan langsung membeli produk di counter modem di Jogja...
kalo harga pasaran tariff modem VT-18 rata2 seharga 550rb, tapi alhamdulillah aku mendapatkan harga yang relatif bersaing dengan harga 455rb. lumayanlah dapat menghemat sekitar 95ribu.
lalu juga bingung setelah membeli modem CDMA, aku juga bingung mau membeli kartu perdana Flexy atau Smart..
tapi kuputuskan untuk membeli perdana Smart, tapi kusaranin mending beli perdana smart langsung ke counter langsung sekalian juga daftarin kartu perdana kamu..
untuk sementara dengan pulsa perdana 5rb kamu aktifin dolo paket regular 3rb/hari untuk mengecek sinyal kartu smart di daerah kamu..
Oya kalo bisa kamu tanya juga kondisi sinyal smart di daerah kamu tinggal ama operator di counter..
Bilamana sinyal smart kuat, baik EVDO dan CDMA 1x kuat,


hari2 selanjutnya beli pulsa 50rb (dengan asumsi dengan paket termurah karena aku juga ga punya uang lebih untuk membeli paket internet laen dari smart)
tapi kamu jangan langsung registrasi bwt membeli paket internet, karena dengan membeli pulsa 50k kamu dapat unlimited pulsa 15 hari...
lha maka dari itu registrasi untuk membeli paket internet baru dilakukan pada hari ke 16 setelah paket gratisan 15 unlimited habis...
oya untuk informasi lebih lanjut registrasi silakan masuk ke situs web smart..


jadi perhitungannya..
beli pulsa 50rb>> dapat pulsa 50rb+bonus unlimited internet selama 15 hari
disimpulin lagi 15hari+30hari(setelah membeli paket regular 30hari internet)+masi sisa pulsa 5rb= total 45 hari unlimited+sisa pulsa 5rb..
jadi tiap hari internet ria unlimited 1.000/hari..


oya dengan paket cdma evdo smart regular itu aku udah BISA BERMAIN BATTLENET DOTA DI INDOGAMERS DAN NUSA REBORN TANPA PUTUS DAN DISCONNECT APALAGI LEAVER, CUMA LAG DIKIN AJA...


KESIMPULANNYA..
KALO ANDA HANYA SESEORANG YANG MEMPUNYAI UANG SAKU YANG MEPET TAPI INGIN BERINTERNET RIA TANPA BATAS WAKTU DAN BATAS2 LAENNYA, KUSARANIN MEMBELI MODEM CDMA DENGAN ASUMSI LEBIH MAHAL DIKIT HARGA MODEMNYA, TETAPI SETELAH DIITUNG 2AKAN LEBIH MURAH BIAYA PAKET PERBULANNYA DIBANDING PAKET BULANAN GSM (3X SENDIRI)..
OYA KM BILA MEMBELI MODEM CDMA PASTIKAN SINYAL EVDO UDAH ADA DIDAERAH/KOTA KAMU.... KARENA EVDO ITU LEBIH CEPET (3,1MBPS DARIPADA CDMA 1XBIASA YANG HANYA 153KBPS)


Demikian yang dapat saya paparkan, semoga bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang lagi bingung memilih modem yang tepat baik untuk bersurfing ria, download, dan bermaen games...


Yogyakarta, 22 July 2010
-whedacaine-




Blogged with the Flock Browser

4 comments:

  1. belinya modem dimana tuh..salam

    ReplyDelete
  2. Wheda Asmara PutraJuly 23, 2010 at 4:18 AM

    aku beli di alnect yogyakarta... 455k.. kl ditoko laen 550k...

    ReplyDelete
  3. klo gw mk flexi unlimited tp biasa lah sering lemot... he3x.. ech ya blh nanya g? tau situs ttg game2 classic gak? game yg g perlu mk vga... he3x... mklm lptp gw g da vga na... :)

    ReplyDelete
  4. kamu search aja di indowebster.com
    disana free dan cepet dLnya..

    ReplyDelete

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)