Friday, March 30, 2012

#ceritaKKN edisi 1

KKN-PPM UGM 2012. Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat telah datang.... Masa Koassistensi ditutup.... hah.... setelah beberapa hari menunggu akhirnya datang juga. setelah dibuat bingung tentang jadwal dan komposisi KKN keluar juga tanggal pastinya. tapi Masi ada kabar yang kurang jelas bagiku tentang info tersebut, jadwal yang tertunda dan direvisi. Acara pertama dari #ceritaKKN dimulai ketika pembekalan umum tentang KKN di fakultas Teknologi Pertanian ruang 508 sesuai jadwal yang tersedia sebelumnya dan di ruang tersebut untuk mahasiswa yang berasal dari FKH, dan fakultas laen pun sama tapi berbeda ruangan. Acara berisi tentang teknis pelaksanaan, penilaian, dan tambahan dari GMC. Sempat juga diwarnai peristiwa kebakaran lampu sehingga acara ditunda beberapa saat. Pemilihan tema sudah diupload di web LPPM dan mahasiswa tinggal memilih lokasi yang diinginkan beberapa hari setelahnya. Yap, ane ambil waktu daftar ke Pemalang dan Magelang sama-sama dengan teman sak kontrakan dan demi mencari suasana diluar KH. hehehe.... Hari jumat malam, pengumuman tentang lokasi dan judul KKN jam setengah 10 malam keluar. wotttzz! ga semua orang mendapatkan apa yang diinginkan, baik lokasi maupu temannya. dan diriku pun mendapatkan hal yang tidak ak pilih ketika mendaftar. Yah Nanggulan akan menjadi tempat lokasi KKN 2 bulan mendatang.


Justru menjadi hal yang aneh, yang keterima di klaten ataupun di magelang menjadi kaum yang minoritas :D karena itu menjadi tema anak Geografi. Akan tetapi di Nanggulan besok akan menjadi anak-anak KH yang mayoritas dan yang di gunung kidul.


Hari sabtu, menjadi pertemuan pertama setelah pengumuman dan menjadi ajang perkenalan dengan teman-teman yang sudah ditentukan lokasinya berdasarkan pengumuman kemaren jumat. jam 10 acara dimulai yang di fakultas Filsafat ruang 101. acaranya dibuka oleh drh Aris P Biokimia yang menjadi koordinator KKN di Nanggulan dan menjelaskan tentang maksud kkn. Lalu dilanjutkan pembagian lagi menjadi 3 unit, yaitu Donomulyo A dan Wijimulyo yang melanjutkan KKN sebelumnya tentang perguliran kambing sedangkan Donomulyo B akan dibentuk lagi kelompok baru tentang perguliran kambing. Kami dipanggil satu per satu berdasarkan pembagian yang sudah ditetapkan oleh koordinator KKN. Donomulyo A dikoordinatori oleh DPL drh Gagak, Donomulyo B dikoordinatori oleh drh Aris P dan unitku Wijimulyo di DPL oleh drh. Erif. Acara dilanjutkan pertemuan sendiri masing-masing Unit, untuk unit Wijimulyo dilanjutkan setelahnya. Pak Erif kemudian membagi kami yang berjumlah 21 orang ke dalam 3 sub unit: Temanggal (perguliran kambing), Cepitan (biogas) dan Tegalsari (perguliran kambing) berdasarkan urutan 123. Yah sempat deg degan, akhirnya saya terpilih ke desa Tegalsari :D bersama 2 anak Geo (Andri dan Zel), 3 orang KH (EGa, Tiwik, Alian) dan 1 orang Sospol-HI (Iko) dan itu menjadi awal perkenalan kami dan rasa senang bertemu dengan teman untuk 2 bulan mendatang. Dan merapatkan untuk memilih kormanit, kormater dan kormasit. Kormanit dipimpin tentunya oleh Kristanto yang datang agak terlambat, Kormater Agro: Kehutanan, Kesehatan: Yoga (farmasi), Sainteks: Zel (geo) dan SosialHumaniora: Iko (HI), lalu kormanit sub unitku terpilih Andri (geo 08). 


Hari Senin pagi, setelah mendapat sms dari kormasit beberapa hari sebelum nya karena hari ini akan diadakan pembekalan KKN tentang teknis KKN dan tema KKN yang diambil di Nanggulan oleh tim DPL di kampus FKH ruang 101 dan disana diterangkan tentang tema KKN di Nanggulan yang berjudul Peternakan dan Pertanian yang berbasis Eco Health yang kegiatannya tentang perguliran kambing PE. Sempat mendapatkan slentingan dari teman-teman sebelumnya yang pernah KKN tentang kondisi perguliran kambing baik dari arah vertikal maupun arus horizontalnya. wottss! tapi itulah yang harus kuhadapi untuk 2 bulan ke depannya dan semoga menjadi berkah bagi masa depanku dan sebagai cerita serta pengalaman tentang kehidupan :) Hidup Tegalsari!




Nanggulan, 30 Maret 2012 12.02 am
cerita sudah dimulai.....

No comments:

Post a Comment

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)