Thursday, March 22, 2012

Cara Unhidden file yang "hilang" setelah terkena virus

Pernahkah flashdisk atau kompueter anda terkena virus...???, kemudian setelah anda scan dengan anti virus, file atau folder anda justru hilang, kemudian anda beranggapan bahwa file anda di delete sama anti virus anda...???

Saya mempunyai kisah yang sama, flashdisk saya terkena virus, dan ada beberapa folder yang "hilang" ..., saya langsung tahu, bahwa file dan folder "tersebut" tidak benar2 hilang. Yah ini cerita yang kurasakan saat menjalani KKN sekrang ini.... file jadi kena virus gara2 masuk ke laptop temen. padahal file penting ada di folder flashdisk... yaa sempet sewot juga rasanya kalo file2 yang di dalam folder pada kena hidden akibat virus....

Dari mana saya tahu...???, karena ketika saya melakukan proses pe'scan'an saya melihat bahwa file dan folder tersebut masih di scan oleh anti virus. Atau cara lainnya adalah dengan melihat size dalam flashdisk anda. Pake media search Windows 7 di sbelah kanan atas menunjukkan kalo file masi ada tapi file dalam kondisi hidden. coba anda bedakan jumlah sizenya, antara:


1. Klik kanan pada menu explorer "I: (nama flashdisk), trus klik properties, kemudian lihat berapa size'nya.
2. Bedakan dengan jumlah size total pada masing-masing folder yang masih terlihat...

Hasilnya, kalau size dengan cara "1" lebih besar dari pada size dengan cara "2", berarti ada file yang tersembunyi.

Oke, kalau anda sudah faham..., langsung ke bagaimana cara meng'un hidden file atau folder yang hilang tersebut.
1. Untuk Windows XP, saya biasa menggunakan "total commander" yang bisa anda dapatkan di (http://www.ghisler.com/  ) atau silahkan di search melalui (http://www.google.com/search?rlz=1C1_____enID380ID380&aq=f&sourceid=chrome&ie=UTF-8&q=total+commander  ), download dan gunakan (cara menggunakan apabila diperlukan akan saya tulis lebih lanjut)

2. Untuk Windows 7, karena total commander tidak support ke windows 7, makanya saya mulai mencari jalan bagaimana caranya agar bisa meng unhiden file dan folder. Alhamdulillah setelah saya melakukan search di "google" saya menemukan caranya, dan cara ini sekaligus bisa digunakan pada versi Windows 7, Windows XP atau windows lain-lainnya.
Caranya:

a. Buka Explorer Anda
b. Masuk ke Tools dan klik Folder Options (untuk windows xp), untuk windows 7 masuknya lewat Organize trus klik "Folder and Search Options"
c. Klik tab View
d. Cari Advanced Settings:

- Klik Show Hidden Files and Folders , kemudian
- Hilangkan tanda centang di Hide Protected Operating System Files (Recommended),

e. Klik "Apply" dan "Ok"

f. Masuk ke tempat Anda menyimpan folder dan file yang hilang, disana akan terlihat folder dan file yang "hilang". Folder dan file tersebut warnanya agak kabur karena folder dan file tersebut masih beratribut Hidden. Untuk mengembalikan seperti semula, klik Kanan folder dan file tersebut, pilih Properties dan hilangkan centang pada Attributes Hidden dan Apply, kemudian "Ok"

Pernahkan anda mendapat kasus, dimana Folder Options pada menu Tools di Explorer anda hilang...??? (karena terkena virus), untuk kasus yang sama anda hanya dapat membuka file hidden dengan cara:
  1. Klik Start – Run, kemudian pada kotak dialogs Run, Ketikan CMD
  2. Masuk Command Prompt
  3. ketikkan perintah ini: attrib -r -a -s -h F:\*.* /S /D
  4. catatan: Ganti F: sesuai dengan Drive Letter tempat file tersebut berada.Press Enter dan biarkan berproses dan...Finish, Insyaallah folder dan file anda akan terlihat.
  

akhirnya file jadi unhidden juga :)

sedikit editing dan disesuaikan dengan kondisi penulis....
sumber  

No comments:

Post a Comment

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)