Saturday, May 26, 2012

5 tahun 7 bulan !

Setelah 5 tahun 7 bulan (4,5 tahun untuk gelar sarjana kedokteran hewan dan 1,3 tahun untuk koas dan KKN) dan sampailah sudah di pendidikan puncak tertinggi di umur 24 tahun ini. Diawali dengan yudisium yang dag dig dug dengan belum keluarnya 3 nilai bagian, sampai harus menunggu sampai detik-detik akhir. Lalu dipusingkan dan disibukkan dengan pembayaran 700rb yang sangat mahal.. hahhaha.. sampai harus grenengan dengan pengelola PPDH karena mungkin agak telat pembayaran, tapi namun akhirnya juga terbayar beberapa hari sebelum pelantikan. Setelah itu bingung dengan pakaian jas untuk pelantikan besok dan perlengkapannya. 


Pagi sudah bangun awal2 seperti biasanya, namun ada halangan berupa ban motor yang bocor membuatku menjadi tergesa-gesa ketika berangkat ke University Club, tempat dimana akan terjadi pelantikan sumpah dokter hewan
Sampai disana, pukul setengah 8 dengan pikiran mungkin akan terlambat, tapi alhamdulillah masi ada waktu sebentar untuk sejenak istirahat dan tidak terlambat. Lalu absensi dan mengambil bunga untuk dipasang di jas almameter. 


Penandatangan Ijazah Dokter Hewan
Tepat jam setegah 8 lebih dikit, acara pertama yaitu pengumuman yudisium dan penandatangan ijazah dokter hewan. Kami pun berkumpul di depan pintu masuk seperti saat gladi bersih lalu. Lalu satu persatu kami memasuki tempat duduk masing-masing, lalu akupun duduk di kursi no. 36. Pintu ditutup, dan di aula tersebut hanya ada para calon dokter hewan yang akan dilantik dan dekan serta wakilnya, tanpa ada orang tua. hehehe. Acarapun dibuka oleh dekan kampus, lalu dibacakan hasil yudisium dokter hewan periode Mei 2012 yaitu 73 drh baru dari UGM. Setelah selesai, kemudian prosesi penandatangan ijazah dokter hewan, yang dipanggil satu persatu oleh MC. Penandatangan di depan dekan fakultas dan didokumentasikan berupa foto. Yah agak grogi juga pas penandatangan ijazah tersebut. Amazing!!! saat tanda tangan yaah emang grogi beneran, lagian tempat tangan tangan yang sempit di bawah foto pas. Hadeh. Kemudian dilanjutkan sesi foto bersama dengan para dekanat dengan calon dokter hewan yang dilantik. Setelah itu penutupan yudisium dan mahasiswa dan para dekanat dipersilakan keluar dari ruang, untuk dilanjutkan acara selanjutnya yaitu pengucapan sumpah dokter hewan jam 9 pagi. 


Setelah keluar untuk menunggu acara sumpah, kami calon2 drh istirahat untuk menyantap makanan kecil untuk pengganjal perut, karena mungkin pas pagi banyak belum sarapan, untuk energi pas acara nanti sebelum makan besar hehehe... 700rb yaa harus makanannya enak :D Disaat itu kami juga mulai berfoto2 di depan lobi UC dan makanan snack tadi. Anak2 regular - ekstensi, berbagai kelompok koas, berbagai grup2 di koas tak menghalangi kebersamaan kami dalam mendokumentasi setelah penandatangan ijazah tadi. Sedikit demi sedikit, orang tua pun sudah mulai memasuki Aula UC untuk melihat para putra dan putri mereka untuk dilantik menjadi dokter hewan. Jarak yang jauh, waktu yang padat, dll tak menghalangi untuk melihat karir tertinggi anak mereka disini. Walau menurut undangan hanya 2+1 yang bisa masuk, tak menghalangi keluarga laen untuk datang ke acara ini, walau harus menunggu diluar karena mungkin tiket untuk masuk hanya terbatas. 


Tepat jam 9, prosesipun dimulai! Kami mulai berbaris lagi seperti pas acara penandatangan tadi. Satu persatu kami memasuki aula, rasa bangga dan sedikit bulu kuduk berdiri dihadapan para orang tua kami. Setelah kami duduk, dilanjutkan para dekan dan tamu undangan memasuki aula diiringi lagu gaedeamus igitur. Yah lagu wajib ketika wisuda atau pelantikan. Ini untuk ketiga kalinya diriku mendengar (pertama ketika wisuda ayahku dan wisuda ketika sarjana kedokteran hewan di gsp). Keren nih lagu, walau agak sedikit berbau hura-hura bila tau maksud nih lagu, namun di Indonesia lagu ini hanya 2 bait saja yang sering dinyanyikan yang mana kalau ga salah ada 9 baitan. Kemudian disusul tarian cucuk lampah. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UGM. Lagi bulu kuduk berdiri cah! Acara dibuka oleh dekan dengan pukulan palu. Lalu dilanjutkan oleh pengumuman yudisium oleh wakil dekan I tentang keputusan rapat fakultas. Lalu dilanjutkan dengan prosesi sumpah dokter hewan, kami semua maju ke depan aula, untuk ditanda tangan hanya diwakilkan 2 orang saja. Kemudian dengan dipandu oleh rohaniawan masing-masing, kami mulai mengucapkan INDONESIAN VETERINARIAN OATH. 



Sumpah Dokter Hewan 
 Dengan diterimanya diri saya masuk profesi kedokteran hewan, saya bersumpah

  • Akan mengabdikan diri saya, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki kepada perbaikan mutu, peringanan penderitaan serta perlindungan hewan demi kesejahteraan masyarakat
  • Akan menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki berlandaskan perikemanusiaan dan kasih sayang kepada hewan
  • Akan memberikan pertimbangan utama untuk kesembuhan, kesehatan dan kesejahteraan pasien saya, kepentingan tertinggi klien dengan mempertaruhkan kehormatan profesi dan diri saya
  • Akan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan tradisi luhur profesi Kedokteran Hewan dengan memegang teguh Kode Etik Profesi saya
Sumpah ini saya ucapkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa
Dokter Hewan UGM Mei 2012 bersama para dekanat dan PPDH
Disitulah kami secara resmi dipanggil untuk pertama kalinya sebagai dokter hewan!! :D drh. Wheda Asmara Putra. hehehe. Kemudian kami kembali ke kursi masing-masing, dilanjutkan penyematan tanda PDHI yang diwakilkan. Acara setelahnya pengambilan ijazah dokter hewan bersama orang tua kami. Satu persatu kami dipanggil, nah no 36, diriku maju bersama kedua orang tuaku untuk mengambil ijazah di Dekan fakultas dan disalami ucapan selamat dari para wakil dekan I, II, dan III, ketua PPDH dan ketua PDHI pusat dan DIY. Dan bagiku ini merupakan acara puncak bagi diriku dan orang tuaku. Kemudian dilanjutkan dengan perhargaan, lalu acara dilanjutkan doa syukur yang dipimpin oleh rohaniawan. Lalu sambutan dari pihak dokter hewan baru oleh narson, sambutan dari wakil dokter hewan baru, yang berisi tentang prospek dokter hewan dan peluang kerja di wilayah indonesia yang ada bukan hanya di jawa saja. Penandatangan dan penyerahan hibah dari ketua Gamavet berupa rencana pembangunan animal health care. Lalu sambuatan dari PDHI DIY yang diwakilkan dan PDHI Pusat yang disampaikan drh. Wiwiek Bagja yang sangat membahana! Keren! tentang proses drh yang dicoba untuk dimasukkan ke undang2 tentang formasinya. Sambutan dari Dekan fakultas dan penyerahan plakat pelantikan dokter hewan periode Mei 2012 dan penyerahan kenang2an berupa LCD. Lalu istirahat sejenak diisi dengan lagu dibawakan oleh paduan suara mahasiswa bersama para staf kampus, lagu Yogyakarta karangan katon bagaskara dan lagu wali yang cari jodoh. Setelah acara ditutup oleh dekan, lalu dekat keluar diiringi lagu gaudemaus igitur, lalu setelah itu kami dipersilakan ke depan lagi untuk ucapan selamat dan jabat tangan dari fakultas, tamu undangan, dan para orang tua :) satu persatu cak!! makasih! Jam setengah 1 acarapun selesai. Alhamdulillah semoga dengan gelar baru ini membawa kebahagian dan kemudahan dan kesejahteraan kami untuk masa mendatang ;) Amin.


Lalu kami pun keluar untuk menikmati catering yang sudah disediakan oleh panitia, ada yang makan dan ada yang mendokumetasi bersama orang tua di depan podium tadi untuk sebagai kenangan tentang peristiwa bersejarah bagi kami ini. Kami pun juga sangat berterima kasi kepada teman-teman dari geografi ugm, yang merupakan teman seperjuangan ketika KKN di Nanggulan khususnya tim Tegalsari, makasih bunganya. Foto-foto lagi yuk... bersama desa laen di KKN Nanggulan.... hahha. Ada teman seperjuangan anak2 2006 dan angkatan laennya, temen2 VDC! dll. makasi atas kedatangannya. Diriku pun juga tak lupa mendokumentasikan di depan podium tadi dan di depan UC, yaitu di boulevard UGM dengan GSP dan gunung merapi sebagai backgroundnya. ;) terima kasih juga buat seseorang yang sudah meluangkan waktunya untuk datang di pelantikanku ini walau terlambat, dan kuberharap ada cerita lanjutan untuk kita bersama kelak :)
Personel KKN Tegalsari, Nanggulan Kulon Progo ;)
Shoot terbaik dari temen Geografi. thx Ijong atas jepretannya

Vivat academia! Vivant professores! Vivat membrum quodlibet quaelibet! Semper sint in flore! Gratias parentes! Vivat nostra societas VDC !

dan pada kekuatan yang besar ada tanggung jawab yang besar pula #24052012 selamat datang di dunia baru! #MariBerkarya

drh. Wheda Asmara Putra

Next bekerja, 2-3 tahun menikah, 3-5 tahun kemudian lanjut S2, lalu target kepala dinas... hahaha... Amin....


Jogja, 25 Mei 2012 
University Club, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)