Saturday, August 28, 2010

Alasan untuk mulai mengayuh sepeda

Dulu bersepeda menjadi aktivitas yang identik dengan anak-anak. Namun ketika kesadaran akan kesehatan dan lingkungan membuat orang ramai-ramai kembali bersepeda. Manfaat paling jelas dari bersepeda memang membuat tubuh sehat karena mengajak tubuh bergerak. Sedangkan sebagai alat transportasi, sepeda juga alat yang efektif, tidak mengeluarkan gas emisi, pula. Namun, ada beberapa hal “tersembunyi” mengenai manfaat bersepeda yang belum banyak diketahui, ini di antaranya:
Sehat untuk siapa saja
Bersepeda adalah kegiatan berolahraga yang baik. Kegiatan mengayuh sepeda, dengan intensitas menengah ke atas bisa membuat pengayuhnya terengah-engah, namun bukan kehabisan nafas. Kegiatan mengayuh berulang-ulang termasuk dalam olahraga aerobik. Bersepeda adalah tipe olahraga yang efektif untuk mengurangi berat tubuh. Kelebihannya yang lain, tak ada batasan usia untuk bersepeda. Siapa pun bisa menikmati manfaat dan kesenangan dari bersepeda. Bersepeda tidak akan membuat benturan pada persendian yang bisa merusak persendian seperti saat sedang berlari.



Mencerahkan pikiran
Ketika Anda sedang bersepeda, entah itu untuk menguras keringat atau hanya untuk jalan-jalan, ritme menenangkannya bersifat meditatif. Ketika Anda secara sadar menikmati pemandangan dan suara di sekitar Anda, secara tak sadar pikiran Anda berada dalam kondisi tenang. Tak jarang, malah bisa “berkelana”. Mungkin bersepeda bukanlah gairah Anda, namun aktivitas rutin untuk keluar dan mencari udara segar bisa membantu Anda lebih tenang.
Bikin merasa muda
Coba ingat-ingat bagaimana angin membelai rambut dan wajah Anda ketika sepeda menuruni jalanan berbukit. Pipi menjadi merah berseri-seri, pikiran terasa lepas dan lapang, seolah tak ada masalah lagi yang membebani diri Anda.
Sosialisasi
Bersepeda bisa jadi ajang bersosialisasi juga. Coba cari komunitas-komunitas bersepeda di sekitar tempat tinggal Anda. Anda pun akan jadi banyak teman. Dengan adanya teman-teman, Anda akan makin semangat untuk aktif berolahraga dan melakukan kegiatan lain yang menjadi agenda komunitas.
Eksplorasi
Cobalah mengeksplorasi daerah-daerah sekitar rumah Anda dengan sepeda. Lihat lebih dekat, mungkin Anda melewatkan hal-hal menakjubkan yang sebelumnya tak Anda ketahui. Usahakan untuk mencari jalan yang aksesnya hanya cukup untuk dilewati sepeda atau pejalan kaki, misalnya jalan-jalan kecil di sekitar rumah, taman, atau cluster lain. Perkaya pengetahuan dan temui hal baru sambil bersepeda. Percaya deh, pasti menyenangkan!




Blogged with the Flock Browser

No comments:

Post a Comment

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)