Tuesday, July 5, 2011

Infeksi Newcastle Disease dan Infestasi Menopon gallinae


LAPORAN KOASISTENSI DIAGNOSA LABORATORIK
AYAM BURAS (Gallus gallus domesticus) NOMOR PROTOKOL A - 61

Diagnosa
Infeksi Newcastle Disease dan Infestasi Menopon gallinae


Oleh:
WHEDA ASMARA PUTRA, S.K.H.
10 / 311299 / KH / 6926


INTISARI

            Pada tanggal 21 Maret 2011 telah dilakukan pemeriksaan yang dilanjutkan dengan nekropsi pada ayam buras umur 3 bulan, milik Bapak Purwono yang beralamat di Mutihan RT 04, Kotagede, Yogyakarta. Berdasarkan anamnesa diketahui populasi 7 ekor, sakit 4 ekor, mati 1 ekor. Pakan nasi sisa dan katul, air minum dari sumur. Belum pernah divaksin. Gejala klinis lemah lesu, tidak bisa berdiri, nafsu makan turun, bulu kusam, dan diare putih hijau.
            Sebelum dieuthanasia dilakukan anamnesa, pemeriksaan fisik dan pengambilan sampel darah. Pengambilan sampel darah dilakukan untuk pembuatan preparat apus darah pada gelas obyek dan sisa darah dimasukkan ke dalam tabung steril yang telah berisi ethylenediaminetetraacetic acid (EDTA) guna pemeriksaan hematologi di Laboratorium Patologi Klinik. Pemeriksaan patologi dilakukan secara makroskopik dan mikroskopik. Pemeriksaan makroskopik dengan cara inspeksi, palpasi, dan incisi pada organ yang dicurigai, sedangkan pemeriksaan mikroskopik dilakukan dengan membuat preparat histopatologi. Pemeriksaan parasitologi meliputi pemeriksaan feses, organ, kerokan usus, dan preparat apus darah. Pemeriksaan mikrobiologi dilakukan terhadap sampel paru-paru, limfa dan otak untuk mengetahui adanya infeksi virus, dengan membuat suspensi virus, kemudian ditanam pada media PAD (Plate Agar Darah) jika hasilnya negatif maka dilanjutkan dengan inokulasi suspensi virus pada TAB (Telur Ayam Berembrio).
Hasil pemeriksaan pemeriksaan patologi menunjukkan proventrikulitis dan enteritis. Pemeriksaan patologi klinik menunjukkan polisitemia, hipoproteinemia, hiperfibrinogenemia, leukopenia, limfopenia, eosinopenia dan monositosis. Pemeriksaan mikrobiologi menunjukkan terisolasi dan teridentifikasi virus Newcastle Disease. Pada pemeriksaan parasitologi ditemukan adanya infestasi ektoparasit Menopon gallinae.

Kata kunci: Gallus gallus domesticus, Newcastle Disease, Menopon gallinae.


Yah, diriku cukup bangga walau sempat kecewa dengan hasil penilaian dosen sewaktu seminar kodiL kmren. Karena berhasil menemukan virus yang orang laen belum tentu bisa menemukannya. Karena pada saat kodil, para mahasiswa koas cenderung mencari bakteri daripada virus. Hmm, kondisi ini didukung dari pemeriksaan laboratorium patologi dan patologi klinik serta mikrobiologi yang sangat mendukung dan ada kaitannya dengan kasusku yaitu ND. Yeah aku sangat senang dan percaya diri akan kemampuanku akan kerja di laboratorium, ketelitian dan kemauan keras dan tanggung jawab adalah etos kerjanya. Dan hal sangat berarti dan bermakna saat itu waktu kodil adalah NILAI-NILAI KEJUJURAN itu adalah penting adanya dan YAKIN apa yang akan diriku jalani akan membawa ke hal bisa membuatku bangga kelak.

No comments:

Post a Comment

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)