Tuesday, November 23, 2010

Cara Mendapat Inspirasi dalam Menulis Blog

Haiii brotha!!! Bagaimana cara anda mendapatkan, menulis dan share untuk ditumpahkan dalam sederet abjad di dalam blog anda?? Sebuah inspirasi dan ide datang secara tiba-tiba dan tentunya kita harus mencatat ide itu dalam sebuah secarik kertas agar tidak lupa. Namun diriku sering mencatatnya dalam 'notepad' applikasi dari hape nokiaku. Hanya garis besarnya yang kucatat dalam sebuah tulisan, lalu ketika malam tiba maka kita tinggal membuat deskripsi dan membuatnya semakin melebar untuk diceritakan. Kadang realita, kenyataan dan prinsip juga tidak sejalan dengan tulisan. Rasa suka sedih, suka, protes, penasaran, pengalaman, dan lain-lain menjadi rasa keingintahuanku untuk dilepaskan dalam sebuah tulisan.

Yaa dibawah ini merupakan tempat dan kondisi, saya sering mendapatkan inspirasi dalam menulis artikel dalam blog.

1. Berjalan jauh
Ada sebagian orang yang merasa harus pergi ke suatu tempat, menyusuri jalan-jalan kota, atau mengadakan perjalanan jauh ke daerah lain hanya untuk mendapatkan inspirasi. Cukup makan biaya dan tenaga, tapi demi ide-ide terpaksa dilakoni. Ya karena melalui berjalan jauh kita dapat menemukan sesuatu yang baru yang tidak di dapat dari tempat kita berada, mungkin kita bisa menemukan cara baru dan pengalaman yang baru. Sebagai contoh dengan touring keliling kota-kota Indonesia itu merupakan salah satu yang pernah kujalani

2. Meditasi
Duduk dengan tenang sambil mengatur nafas dan memejamkan mata. Kosongkan pikiran kemudian tunggu inspirasi datang dengan sendirinya. Ada yang menyukai meditasi di dalam kamar di tengah malam. Atau mungkin tempat aneh seperti di kuburan dekat rumahku yang tentunya sangat tenang ketika malam tiba, atau nangkring di atas pohon. Karena kita bisa merasakan hal yang terdalam tentang perjalanan yang pernah kita jalani atau mungkin rencana masa depan kita.

3. WC
Kamar kecil (WC) umumnya menjadi tempat favorit sebagian pencari inspirasi. Waktu yang luang sambil melamun membuka kesempatan ide-ide “gila” untuk mampir. Jangan lupa sediakan kertas kecil dan pen untuk mencatat garis besar ide sebelum Anda terlupa setelah rasa lega sudah diperoleh, namun ane jarang memakainya, tapi ane lebih sering make notepad hapeku tersayang untuk menulis GBHNnya. ckckkc.. kq GBHN?? bukannya itu aturan dalam pemerintahan??? yaa ndak lah, kalau dalam diriku GBHN adalah Garis Besar Haluan Ngeblog. Karena di WC juga merupakan tempat sepi khan? kl ndak sepi ga mungkinlah, ntr kita jadi 'pup'. LOL.

4. Ketika akan dan saat
apa itu maksudnya? yap diriku dapat inspirasi ketika akan memulai babak baru dan sedang berlangsungnya suatu keadaan. Loh keadaan apa yang anda maksud? yaa keadaan dimana, saya menjalankan sesuatu, ketika dalam keluarga, masyarakat, di tengah-tengah teman, dan ketika menjalani manusia dalam mencari pasangan, walau itu terkadang sering muncul perasaan kecewa, sakit hati, senang dan bahagia semua akan kutuangkan dalam secarik tulisan ini. Ya tentunya dari cerita2 diatas yang membuatku menarik untuk saya kenang. So, beruntunglah anda ketika mendapatkan cerita bersamaku dan ada di dalam blog ini. Tentu saja, anda pernah menjadi bagian spesial dalam hidupku dan dan takkan terlupakan.

5. Ruang tunggu
Menunggu ditengah kebosanan. Ane selalu menyempatkan memegang hape untuk sekedar menulis garis garis besarnya. Mungkin pada saat antri di bank, menunggu service motor kita, menunggu seseorang atau ruang tunggu dokter sambil melihat tingkah laku orang lain, inspirasi bisa tiba-tiba muncul. Karena bosan kadang kadang muncul pemikiran yang luar biasa, pada saat itu kepala kita sangat penat menunggu lama atas sesuatu yang ditunggu.

6. Di atas tempat tidur
Ada orang yang mencari inspirasi dari mimpi-mimpi. Agar tidak kehilangan ide, segera catat ketika Anda terbangun. Atau ada yang mendapatkannya ketika hampir tertidur, dan ini pun harus segera dicatat karena Anda akan terlupa ketika terbangun esok harinya. Entah kenapa saya merasa aneh dan takut akan kehilangan sesuatu ketika bangun dari mimpi, karena cerita dan inspirasi ketika bangun dari mimpi seperti episode yang selalu bersambung dan itu berlangsung terus menurus sampai beberapa episode membentuk satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam alur cerita/peristiwa.

7. Iklan TV
Iklan di TV menampilkan gambar-gambar yang indah, variatif dan penuh gerak. Ini bisa memacu sel-sel kelabu di otak kita untuk bekerja giat. Kadang-kadang muak, karena iklan terlalu tolol dan membodohi, membuat diriku seperti berontak dan menampar orang di dalam iklan tersebut. sebagai contoh ketika dalam bencana merapi ada televisi swasta yang menayangkan episode ketololan dan membodohkan tentang peristiwa bencana alam yang lebih hebat, yang mana peristiwa itu belum terjadi, ane heran kq bisa manusia tolol ini bisa mendahului kuasa Tuhan! Namun terkadang iklan yang baik malah akan membuat diriku termotivasi karena alur ceritanya, makna, atau backsound lagu di dalam film atau iklan tersebut. Dan bahkan aku sering googling hanya untuk sekedar ingin punya atau mendengarkan lagu tersebut.

8. Di dalam angkutan umum
Penumpang yang beragam dan silih berganti dengan percakapan-percakapannya yang penuh inspiratif mungkin bisa menjadi sumber-sumber ide tak kering-kering. Catat dan jadikan sebuah karya menarik. Tapi yang ini kujalani hanya ketika dolo masa-masa SMA, yaa maklumlah diriku hanya manusia dari kalangan kelas menengah yang lum punya motor sendiri. Kadang sambil bus berjalan, kita sambil melihat di kanan kiri jendela muncul dari sesuatu yang terjadi di jalanan.

9. Dari Media Informasi (Koran, Tulisan, Buku atau Internet)
Kadang ane membaca tulisan dari komunitas dunia maya, sering mendapatkan artikel2 menarik untuk share ke orang lain. tapi tentunya perlu seleksi ketat dalam menyaring tulisan dan ide2.

10. Pengalaman orang lain
cerita dan pengalaman dari orang lain yang sudah mengalaminya tentu saja merupakan hal yang menarik untuk dipelajari. Karena sesuai peribahasa hanya manusia tolol yang jatuh untuk kedua kalinya pada lubang yang sama.

Jogja, 22Nov2010
dengan sebuah muntahan energi untuk disalurkan dalam sebuah tulisan aneh.


Blogged with the Flock Browser

1 comment:

  1. Aston Martin Hadirkan Vantage GT4 Tahun 2011...

    Mantaf artikelnya gans... senang bisa berkunjung ke situsnya :)...

    ReplyDelete

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)