Wednesday, November 17, 2010

Qurban 16 November 2010

heh? kq tanggalannya pake tanggalan Masehi si? kan kalo pake 10 Dzulhijjah kan lebih pasti dan bener menurut tanggalan Islam. Yah karena pada kesempatan idul adha kali ini, tidak semua masyarakat Indonesia merayakan padahal hari yang sama. Ada yang Qurban hari Selasa, dan Rabu, bahkan ada yang hari Senin, maka dari itu kupake 16 November ajalah. Tapi itulah perbedaan, membuat kita saling menghargai satu sama lain sesama kaum Muslimin, kaum Nabi Muhammad SAW.


Ada apa dengan Qurban tahun 2010 ini??? Diriku hanyut dalam ketenangan tapi tidak begitu merasakan ramenya takbir seperti 3 tahun yang lalu. Yang kurasakan saat ini adalah cuma merasakan kenangan Qurban tahun kemaren. Yaitu berkeliling bersama-sama teman FKH UGM dan ditemani dokter hewan dari Dinas Disperindagkop dan Dinas Pertanian Kota Yogyakarta. Karena saya mendapat jatah undian ke Kecamatan Wirobrajan. Dan diriku dan bersama 3 teman yang laen mendapat jatah keliling tempat pemotongan hewan qurban 8 tempat/masjid. Dan alhamdulillah kesemua, kami tidak mendapatkan adanya kasus Fasiolapsis / Cacing Hati. Sehingga masyarakat pun tenang dalam mengkomsumsi daging qurbannya. Derai canda dan saling berbincang dengan warga sekitar yang melakukan penyembelihan ataupun cuma sekedar menonton. Saling tanya jawab tentang informasi mengenai kesehatan dari daging qurban. Yah saat saling menyenangkan bagiku waktu itu adalah ketika mendapat jamuan makan saat selesai melakukan penyembelihan. Kita makan rame-rame bersama tetua adat kampung, takmir Masjid setempat dan warga sekitar yang melakukan penyembelihan. Suasana akrab dan menyenangkan. Asik dan akrab suasananya walaupun kita lum pernah berkenalan atau ketemu sebelumnya. Kita mendengar cerita pengalaman dari dokter hewan pendamping dari Dinas Kota Jogja dan Celotehan dari tetua desa setempat. Oh awesome. Betapa bangganya menjadi dokter hewan yang bermanfaat bagi masyakarakat! Setengah jam sebelum makan siang tadi, karena hari itu adalah hari Jumat, tentunya ada Sholat Jumatan di daerah tersebut. Baru kurasakan Khotbah Jumat yang Paling Menggebu-gebu. AWESOME!!! Sangat dalam untuk direnungkan dan dilakukan.


Yang kurasakan saat ini tentang Qurban 2010, adalah pertama, suasana takbir saat begitu dalam dan kurasakan ketika, melantunkan habis jamaah tiap kali sholat masjid Al Makmur desaku. 5 kali iringan takbir yang membuatku kembali dan semakin mengerti akan kebesaranMu Ya Allah. Kedua, adalah waktu sangat begitu cepat. Hah entah kenapa jarak antar iduL Fitri dan idul Adha kurasakan semakin cepat datangnya, padahal jaraknya kira 3 bulanan. Dan semakin bertambahnya umur semakin cepat kurasakan waktu cepat berjalan dan nyawa dari tubuhku semakin lama semakin merasakan akan sisa-sisa nyawaku yang akan habis. Ketiga,semakin bertambahnya umur dan semakin bertambahnya suatu tanggung jawab, kurasakan semakin pudar dan tidak merasakan lagi suasana masa-masa kecilku ketika melakukan takbir keliling untuk idul Qurban. Yah karena diriku udah tua kaleee.. ckckkc.. yah sepantasnya kalo udah harus pensiun untuk digantikan atau diregenerasi ama remaja masjid yang lebih muda. Oke temen2ku kecil di ARIA Al-Makmur Mutihan, semangat yaa kalian semua dan sukses buat program kerja kalian untuk memakmurkan masjid kita! Yah katanya juga Qurban 2010 ini kembali mengadakan bakti sosial rutin ke daerah Gunung Kidul. Gua dan kakak angkatan kalian support dengan doa dan semangat buat kalian agar sukses! oke!




Jogja, 16 November 2010 9:30pm
Renungan dan Kenangan akan Qurban 2010 dan tahun sebelumnya. Di tulis di bawah terangnya sang Rembulan dan bintang-bintang yang berkelip yang beredar di cerahnya suasana langit malam ini.



Blogged with the Flock Browser

No comments:

Post a Comment

No Sara No Anarki....
klik Select Profile ( pilih name/URL dan isilah namamu selengkapmu gan..)